DUNIA VOKASI PILIHAN UTAMA

Oleh, KAMAJAYA, M.Pd

Sistem Pendidikan yang memberikan pembelajaran secara teoritis dan praktis yang dapat menghantarkan siswanya memiliki kemampuan atau kompetensi tertentu yang dibutuhkan oleh Industri/Dunia Usaha/Dunia kerja (IDUKA), dewasa ini seseorang yang memiliki penguasaan kompetensi di bidang tertentu menjadi suatu yang sangat dibutuhkan IDUKA.

Dunia vokasi tidak hanya terbatas pada Pendidikan formal saja seperti SMK dan atau Politeknik, tetapi juga dunia vokasi pada Pendidikan non formal seperti LPK, LKP atau PKBM yang memberikan keterampilan khusus bisa memberikan manfaat besar bagi pesertanya, sehingga mereka yang memiliki keahlian tertentu tidak usah khawatir kekurangan lapangan kerja.

Dunia vokasi yang bersifat formal bukan saja diproyeksikan untuk bisa bekerja di IDUKA, namun mereka juga dapat melajutkan Pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, dalam upaya memperkaya penguasaan kompetensi yang diampunya, Pendidikan tersebut dapat mereka peroleh baik di dalam maupun di luar negeri. Jadi dewasa ini siswa Pendidikan vokasi memiliki kesempatan peluang lebih besar untuk berkarier sesuai dengan kompetensinya.

 Telah banyak kita lihat mereka mereka yang belajar di dunia vokasi berkarier bagus karena kompetensi yang mereka miliki benar benar sangat dibutuhkan di IDUKA, jadi bagi para lulusan SMP/MTs yang ingin dapat cepat memperoleh pekerjaan sebaiknya dapat melanjutkan pendidikannya ke SMK (vokasi formal). Cukup banyak hal yang bisa dipelajari di dunia vokasi  khususnya di SMK ada 9 bidang keahlian, 49 program keahlian dan 146 kompetensi keahlian berdasarkan Perdirjen Dikdasmen No.06/D.D5/KK.2018, maka para lulusan SMP/MTs yang akan memasuki dunia vokasi harus dapat mengenali program program yang ditawarkan  SMK agar sesuai dengan minat dan bakat/sesuai passion,  supaya nanti saat mengikuti proses pembelajaran dalam upaya menguasai penguasaan kompetensi  dapat dicapai dengan baik dan efektif.

Ketersediaan lapangan kerja di IDUKA baik di dalam dan luar negeri harus dapat dimanfaatkan sebesar besarnya oleh para lulusan vokasi untuk bisa berkarier bagi kepentingan masa depan, penguasaan kompetensi keahlian yang dimiliki yang ditunjang oleh penguasaan Bahasa asing untuk bisa berkarier di dunia Internasional membuka cakrawala peluang kesempatan kerja yang sangat luas.

Kini saatnya dunia vokasi menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin cepat memperoleh pekerjaan, namun tidak menutup kemungikan untuk terus bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi yang dipersiapkan untuk menjadi seorang pimpinan di IDUKA.

 

VOKASI KUAT MENGUATKAN INDONESIA

No comments :