5 Pertanyaan Kuat untuk menggali potensi siswa

Dulu ketika awal menjadi guru,kita sering bertanya pada siswa dengan pertanyaan yang mematikan kreatifitas siswa kurang menstimulasi siwa untuk berekspresi lebih banyak. Pertanyaan yang sering dilontarkan hanya berupa pengetahuan, sedikit pemahaman kadang aplikasi. Padahal siswa juga sama hidup seperti kita yang memerlukan latihan untuk menganalisa dan mensintesa berbagai permasalahan kehidupan. Pertanyaan berikut mungkin akan sangat membantu melatih siswa untuk lebih sering berfikir kritis dalam membedah berbagai fenomena atau fakta fakta yang kurang difahaminya.


  1. Bagaimana menurut anda? , pertanyaan ini menginterusi guru untuk tidak berbicara terlalu panjang. Harus ada ruang yang luas buat siswa untuk merasakan dan mengaplikasikan informasi baru dengan pola pikirnya.
  2. Mengapa anda berfikir demikian, setelah siswa mengungkapkan pikiranya pertanyaan ini menekankan agar siswa memberikan alasan pemikiranya.
  3. Bagaimana anda mengetahui hal  tersebut, ketika pertanyaan ini disampaikan siswa dapat membuat hubungan antara ide dan pemikiranya dengan pengalamanya, yang dibaca dan dilihatnya.
  4. Bisakah anda menceritakanya lebih, Pertanyaan ini dapat menginspirasi siswa untuk memperluas pemikiran mereka dan berbagi bukti lebih lanjut untuk ide-ide mereka. 
  5. Apakah anda memiliki pertanyaan lain, Hal ini memungkinkan siswa untuk menawarkan pertanyaan yang masih mereka miliki berupa  informasi, ide atau bukti.
Poskan Komentar