Para guru
tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah PTK atau CAR, setidaknya untuk guru
baru memperoleh materi PTK ketika kuliah sedangkan guru yang lama memperoleh
dari berbagai diklat seminar atau membaca dan percakapan sesama guru. Guru SMK
dan SMA yang bergelar magister sudah banyak namun proporsi produktifitas dalam
meneliti apalagi mempublikasikan hasil penelitianya sangat rendah relatif
terhadap jumlah guru di Indonesia. Jika saja seorang guru menghasilkan
penelitian satu karya dalam satu tahun tentu secara nasional menjadi luar biasa.
Penelitian Tindakan
Kelas (Class Action Research) merupakan suatu proses di mana guru memeriksa
praktik pembelajarannya sendiri secara sistematis dengan menggunakan teknik
penelitian. Tujuan utama dari PTK adalah untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran
agar lebih efektif dan efisian. Pada umumnya penelitian memiliki tujuan to prove namun pada PTK lebih dekat
dengan evaluasi pembelajaran yaitu untuk to
improve proses pembelajaran. Manfaat
dari PTK diantaranya fokus pada permasalahan di kelas dimana dilaksanakan PTK,
merupakan bentuk dari pengembangan profesional guru, interaksi kolegial,
potensi yang berdapak pada perubahan sekolah, refleksi terhadap praktik
pembelajaran dan peningkatan komunikasi.
Pemerintah
secara sistemik menstimulasi guru-guru agar melaksanakan dan membuat laporan PTK
sebagai salah satu Karya Tulis Ilmiah (KTI) melalui penghargaan nilai angka kredit
pada PKB dan mengadakan lomba PTK. Langkah
pragmatis beberapa guru dengan dibuatkan PTK oleh orang lain untuk memperoleh
angka kredit tentu hal demikian menjadi menjauhkan PTK dari tujuan dan manfaat
PTK itu sendiri.
Tulisan
ini tidak akan menguraikan secara teoritis dan konseptual mengenai PTK namun
akan memberikan langkah praktis bagaimana penulisan laporan PTK. Namun demikian
kumpulan berbagai artikel yang membahas secara teoritis dan konseptual PTK dapat
diunduh sebagai bahan pengayaan agar penelitian yang akan dilakukan lebih
mantap. Selain PTK, bagaimana agar KTI tidak ditolak oleh Tim Penilai juga dapat
diunduh dalam bentuk peta konsep dengan menggunakan aplikasi mind manager (dapat
diunduh pada tulisan tentang Karya Inovasi),
setelah diinstallkan baru peta konsep Penyebab KTI ditolak bisa di baca
Silahkan unduh denganmengklik link dibawah ini:
Laporan inti PTK
dituliskan sebagai berikut:
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang masalah
Kondisi ideal, Kondisi
nyata, faktor penyebab, solusi yang dipilih dan keunggulan dari solusi yang
dipilih
B. Perumusan
masalah
Dikembangkan dari penyebab, umumnya
dalam bentuk kalimat tanya, mengacu pada masalah pokok
C. Tujuan
Penelitian
Uraikan apa yang akan
dicapai melalui penelitian ini
D. Manfaat
Penelitian
Jelaskan manfaat untuk siswa, guru dan sekolah
BAB II
LANDASAN TEORI
Teori yang diambil relevan
dengan permasalahan dan variabel yang ada pada judul dan diusahakan teori yang
paling baru ( 5 Th Terakhir, Jurna terakreditasi, Buku, 3-5 teori)
A. Variabel
B. Solusi
C. Siklus
(Kemmis&Taggart, Elliot, O’Leary, Eileen Ferrance)
D. Hipotesis
tindakan
Memprediksi perubahan apa yang akan terjadi
pada objek penelitian jika suatu tindakan dilakukan, pada umumnya dalam bentuk kecendrungan
atau keyakinan pada proses atau hasil belajar yang akan muncul setelah suatu
tindakan diberlakukan
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Setting
penelitian
1. Waktu
penelitian
Dipaparkan dalam bentuk time schedule (No,Kegiatan, Waktu)
2. Tempat
penelitian
Di kelas/jurusan/SMA/SMK apa
penelitian dilaksanakan
B. Subjek
penelitian
Tuliskan jumlah pada kelas/jurusan/SMA/SMK
apa penelitian dilaksanakan
C. Rancangan
Penelitian
Dijelaskan
model model desain ptk beserta perbedaanya,kekurangan dan kelebihan dan berikan
alasan mengapa menggunakan salah satu model yang dipilih.
D. Teknik
dan alat pengumpulan data
1.
Kisi-kisi
instrumen, menjelaskan kisi-kisi yang digunakan dalam penelitian tindakan,
meliputi: Aspek yang akan diukur dalam model tindakan
2.
Jenis
instrumen, peneliti
menjelaskan jenis instrumen yang digunakan dalam sebagai alat pengambilan data
dalam tindakan penelitian
3. Validasi
instrumen, peneliti menjelaskan teknik pengujian validasi instrumen
4. Validasi
data deskripsi telaah
model tindakan penjelasan prosedur dan pakar yang menelaah model tindakan validasi data kualitatif dengan triangulasi dan
5. Teknik
dan Alat Pengumpul data (Observasi, interview, tes, jurnal siswa, pekerjaan
siswa,catatan tingkah laku siswa, attitude
scale dan dokumentasi)
E. Indikator
kinerja
1.
Peneliti
memberikan indikator keberhasilan sesuai dengan teori yang diacu oleh model
tindakan
2.
Indikator
keberhasilan dijelaskan secara operasional untuk mengetahui keberhasilan setiap
siklus
F. Teknik
analisis data
- Deskripsi teknik
analisis data yang meliputi analisis data dengan statistik deskriptif dan
analisisdata kualitatif
- Analisis data
statistik deskriptif dalam bentuk tabel atau grafik
- Analisis data
kualitatif dalam bentuk mendeskripsikan informasi yang digunakan selama
dan setelah data terkumpul
·
Analisis selama pengumpulan data dengan
mengembangkan catatan lapangan
G. Prosedur
penelitian
- Peneliti menjelaskan
siklus yang dirancang dalam penelitian sesuai dengan model tindakan yang
dipilih .
- Setiap siklus
dijelaskan bagaimana tindakan tersebut dilakukan secararinci sesuai dengan
tahapan model yang dipilih
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN
PEMBAHASAN
A. Deskripsi
kondisi awal (motivasi siswa, hasil pre test, metode pembelajaran, kompleksitas
materi, daya dukung sumber belajar, suasana kelas dsb)
B. Deskripsi
hasil siklus I
1. Perencanaan
tindakan (RPP)
2. Pelaksanaan
tindakan (dijelaskan apakah tahapan perencanaan pembelajaran dapat diimplementasikan)
3. Hasil
pengamatan (dijelaskan bagaimana hasilpengamatan sesuai dengan instrumen yang
telah dibuat dan digunakan)
4. Refleksi
(tinjauan ulang, mengembangkan
gambaran agar lebih hidup (a) tentang proses pembelajaran di kelas, (b)
tentang kendala yang dihadapi dalam melakukan tindakan di kelas, dan,
yang lebih penting lagi, (c) tentang apa yang sekarang mungkin dilakukan
untuk para siswa Anda agar mencapai tujuan perbaikan pembelajaran.)
C. Deskripsi
hasil siklus II
D. Deskripsi
hasil siklus III
E. Pembahasan
antar siklus (merujuk pada perumusan masalah bandingkan variabel tertentu yang
dipilih pada tiap siklus)
BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
Paparan simpulan harus sesuai
dan menjawab perumusan masalah
B. Saran
Saran yang disampaikan harus
menjawab dapat keseluruhan tujuan penelitian.
No comments :
Post a Comment