STEM (Science, Technology, Enginering and Mathematics)

STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematics) dipopulerkan oleh National Science Foundation AS pada tahun 1990.  Komponen masing masing memiliki pengertian sebagai berikut:
  1. Sains merupakan kajian tentang fenomena alam yang melibatkan observasi dan pengukuran, sebagai wahana untuk menjelaskan secara obyektif alam yang selalu berubah. Terdapat beberapa domain utama dari sains pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, yakni fisika, biologi, kimia, serta ilmu pengetahuan kebumian dan antariksa. 
  2. Teknologi ialah tentang inovasi-inovasi manusia yang digunakan untuk memodifikasi alam agar memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia, sehingga membuat kehidupan lebih baik dan lebih aman. Teknologi-teknologi membuat manusia dapat melakukan perjalanan secara cepat, berkomunikasi langsung dengan orang di tempat yang berjauhan, mendapati makanan yang sehat, serta alat-alat keselamatan. 
  3. Engineering atau teknik merupakan pengetahuan dan keterampilan untuk memperoleh dan mengaplikasikan pengetahuan ilmiah, ekonomi, sosial, serta praktis untuk mendesain dan mengkonstruksi mesin, peralatan, sistem, material, dan proses yang bermanfaat bagi manusia secara ekonomis dan ramah lingkungan. Selanjutnya, matematika adalah ilmu tentang pola-pola dan hubungan-hubungan, dan menyediakan bahasa bagi teknologi, sains, dan  dan teknik.
  4. Matematika adalah ilmu tentang pola-pola dan hubungan-hubungan, dan menyediakan bahasa bagi teknologi, sains, dan teknik. 
Dalam implementasinya pembelajaran STEM merupakan suatu kesatuan utuh atau terintegrasi, berikut tayangan pembelajaran yang menampilkan STEM.


Buku buku berikut juga dapat dijadikan referensi untuk membelajarakan siswa melalui STEM,silahkan unduh dengan klik/tap link dibawah ini
Poskan Komentar