PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Para guru tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah PTK atau CAR, setidaknya untuk guru baru memperoleh materi PTK ketika kuliah sedangkan guru yang lama memperoleh dari berbagai diklat seminar atau membaca dan percakapan sesama guru. Guru SMK dan SMA yang bergelar magister sudah banyak namun proporsi produktifitas dalam meneliti apalagi mempublikasikan hasil penelitianya sangat rendah relatif terhadap jumlah guru di Indonesia. Jika saja seorang guru menghasilkan penelitian satu karya dalam satu tahun tentu secara nasional menjadi luar biasa.
Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) merupakan suatu proses di mana guru memeriksa praktik pembelajarannya sendiri secara sistematis dengan menggunakan teknik penelitian. Tujuan utama dari PTK adalah untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran agar lebih efektif dan efisian. Pada umumnya penelitian memiliki tujuan to prove namun pada PTK lebih dekat dengan evaluasi pembelajaran yaitu untuk to improve  proses pembelajaran. Manfaat dari PTK diantaranya fokus pada permasalahan di kelas dimana dilaksanakan PTK, merupakan bentuk dari pengembangan profesional guru, interaksi kolegial, potensi yang berdapak pada perubahan sekolah, refleksi terhadap praktik pembelajaran dan peningkatan komunikasi.
     Pemerintah secara sistemik menstimulasi guru-guru agar melaksanakan dan membuat laporan PTK sebagai salah satu Karya Tulis Ilmiah (KTI) melalui penghargaan nilai angka kredit pada PKB dan mengadakan lomba PTK.  Langkah pragmatis beberapa guru dengan dibuatkan PTK oleh orang lain untuk memperoleh angka kredit tentu hal demikian menjadi menjauhkan PTK dari tujuan dan manfaat PTK itu sendiri.
     Tulisan ini tidak akan menguraikan secara teoritis dan konseptual mengenai PTK namun akan memberikan langkah praktis bagaimana penulisan laporan PTK. Namun demikian kumpulan berbagai artikel yang membahas secara teoritis dan konseptual PTK dapat diunduh sebagai bahan pengayaan agar penelitian yang akan dilakukan lebih mantap. Selain PTK, bagaimana agar KTI tidak ditolak oleh Tim Penilai juga dapat diunduh dalam bentuk peta konsep dengan menggunakan aplikasi mind manager (dapat diunduh pada tulisan tentang Karya Inovasi),  setelah diinstallkan baru peta konsep Penyebab KTI ditolak bisa di baca
Silahkan unduh denganmengklik link dibawah ini:

Laporan inti PTK dituliskan sebagai berikut:


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang masalah
Kondisi ideal, Kondisi nyata, faktor penyebab, solusi yang dipilih dan keunggulan dari solusi yang dipilih
B.    Perumusan masalah
Dikembangkan dari penyebab, umumnya dalam bentuk kalimat tanya, mengacu pada masalah pokok
C.   Tujuan Penelitian
Uraikan apa yang akan dicapai melalui penelitian ini
D.   Manfaat Penelitian
Jelaskan manfaat untuk siswa, guru dan sekolah

BAB II
LANDASAN TEORI
Teori yang diambil relevan dengan permasalahan dan variabel yang ada pada judul dan diusahakan teori yang paling baru ( 5 Th Terakhir, Jurna terakreditasi, Buku, 3-5 teori)
A.    Variabel
B.    Solusi
C.   Siklus (Kemmis&Taggart, Elliot, O’Leary, Eileen Ferrance)
D.   Hipotesis tindakan
Memprediksi perubahan apa yang   akan terjadi  pada objek penelitian jika suatu tindakan dilakukan, pada umumnya dalam bentuk kecendrungan atau keyakinan pada proses atau hasil belajar yang akan muncul setelah suatu tindakan diberlakukan

BAB III
METODE PENELITIAN
A.    Setting penelitian
1.    Waktu penelitian
Dipaparkan dalam bentuk time schedule (No,Kegiatan, Waktu)
2.    Tempat penelitian
Di kelas/jurusan/SMA/SMK apa penelitian dilaksanakan
B.    Subjek penelitian
Tuliskan jumlah pada kelas/jurusan/SMA/SMK apa penelitian dilaksanakan
C.   Rancangan Penelitian
Dijelaskan model model desain ptk beserta perbedaanya,kekurangan dan kelebihan dan berikan alasan mengapa menggunakan salah satu model yang dipilih.
D.   Teknik dan alat pengumpulan data
1.    Kisi-kisi instrumen, menjelaskan kisi-kisi yang digunakan dalam penelitian tindakan, meliputi: Aspek yang akan diukur dalam model tindakan
2.    Jenis instrumen, peneliti menjelaskan jenis instrumen yang digunakan dalam sebagai alat pengambilan data dalam tindakan penelitian
3.    Validasi instrumen, peneliti menjelaskan teknik pengujian validasi instrumen
4.    Validasi data deskripsi telaah model tindakan penjelasan prosedur dan pakar yang menelaah model tindakan validasi data kualitatif dengan triangulasi dan
5.    Teknik dan Alat Pengumpul data (Observasi, interview, tes, jurnal siswa, pekerjaan siswa,catatan tingkah laku siswa, attitude scale dan dokumentasi)
E.    Indikator kinerja
1.    Peneliti memberikan indikator keberhasilan sesuai dengan teori yang diacu oleh model tindakan
2.    Indikator keberhasilan dijelaskan secara operasional untuk mengetahui keberhasilan setiap siklus

F.    Teknik analisis data
  • Deskripsi teknik analisis data yang meliputi analisis data dengan statistik deskriptif dan analisisdata kualitatif
  • Analisis data statistik deskriptif dalam bentuk tabel atau grafik
  • Analisis data kualitatif dalam bentuk mendeskripsikan informasi yang digunakan selama dan setelah data terkumpul
·         Analisis selama pengumpulan data dengan mengembangkan catatan lapangan
G.    Prosedur penelitian
  • Peneliti menjelaskan siklus yang dirancang dalam penelitian sesuai dengan model tindakan yang dipilih .
  • Setiap siklus dijelaskan bagaimana tindakan tersebut dilakukan secararinci sesuai dengan tahapan model yang dipilih

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.    Deskripsi kondisi awal (motivasi siswa, hasil pre test, metode pembelajaran, kompleksitas materi, daya dukung sumber belajar, suasana kelas dsb)
B.    Deskripsi hasil siklus I
1.    Perencanaan tindakan (RPP)
2.    Pelaksanaan tindakan (dijelaskan apakah tahapan perencanaan pembelajaran dapat diimplementasikan)
3.    Hasil pengamatan (dijelaskan bagaimana hasilpengamatan sesuai dengan instrumen yang telah dibuat dan digunakan)
4.    Refleksi (tinjauan ulang, mengembangkan gambaran agar lebih hidup (a) tentang proses pembelajaran di kelas, (b) tentang kendala yang dihadapi dalam melakukan tindakan di kelas, dan, yang lebih penting lagi, (c) tentang apa yang sekarang mungkin dilakukan untuk para siswa Anda agar mencapai tujuan perbaikan pembelajaran.)
C.   Deskripsi hasil siklus II
D.   Deskripsi hasil siklus III
E.    Pembahasan antar siklus (merujuk pada perumusan masalah bandingkan variabel tertentu yang dipilih pada tiap siklus)

BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
A.    Simpulan
Paparan simpulan harus sesuai dan menjawab perumusan masalah
B.    Saran
Saran yang disampaikan harus menjawab dapat keseluruhan tujuan penelitian.

Posting Komentar