Pendampingan K13 Ver 2018

LPMP  menyelenggarakan Diklat, pendampingan baik in service learning maupun on job learning setiap tahun agar seluruh guru IK/IP, guru sasaran bisa mengimplementasikan K13 di kelasnya masing masing. Harapan besarnya adalah setiap guru mampu mendesminasikan pengetahuan dan keterampilan K13 kepada rekan sejawatnya. Berikut materi pendampingan dan sekenario pelaksanaan pendampingan untuk IK dan Guru sasaran.



Sekenario

  1. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok (2 Kelompok IK, Kelompok KS dan 5 Kelompok Peserta) 
  2. Kelompok Kepala Sekolah mengkaji dan membuat perencanaan supervisi dan implementasi TEFA di sekolah masing masing
  3. Kelompok Instruktur Mengkaji: Rencana Teknis pendampingan, Mempersiapkan Instrumen Penilaian RPP dan Silabus serta Penilaian HOTS
  4. Kelompok Peserta terbagi menjadi 9 Kelompok yaitu : 
  • Kelompok Dinamika Perkembangan Kurikulum SMK, 
  • Kelompok Analisis Materi Pembelajaran, 
  • Kelompok Analisis Penerapan Model Pembelajaran, 
  • Kelompok Penyusunan Silabus
  • Kelompok Penyusunan Prota-Promes dan RPP,  
  • Kelompok Praktik Pengolahan dan Pelaporan HB
  • Kelompok PPK
  • Kelompok Literasi
  • Kelompok HOTS

Kegiatan
  1. Pendahuluan, Pembagian Kelompok, Paparan TEFA 7 ELIK;
  2. Masing masing kelompok mengkaji seluruh materi dan mendiskusikan sesuai dengan pembagian tugas kemudian mempersiapkan materi presentasi. Materi diskusi : Konsep dasar, bagaimana menerapkan dan bagaimana mengevaluasinya. 
  3. IK Mengkaji dan membuat jadwal Pendampingan dan Instrumen Silabus RPP
  4. Kepala Sekolah mengkaji dan mengisi rencana implementasi TEFA
  5. IK mendampingi tiap kelompok untuk memahami 9 materi dan mengembangkan Silabus dan membuat RPP 
  6. Paparan penilaian HOTS
  7. Setiap kelompok membuat soal HOTS
  8. Presentasi Silabus dan RPP
  9. Presentasi Soal HOTS
  10. Presentasi Rencana Pendampingan di On Job Learning


Posting Komentar