REDUKSI MISKONSEPSI MELALUI KONFLIK KOGNITIF DENGAN PENDEKATAN NIHILASI KONSEP

Miskonsepsi  dalam konstruksi konsep melalui pembelajaran memiliki dampak yang cukup berarti dalam pembentukan konsep selanjutnya. Salah satu cara yang cukup efisien dalam mereduksi miskonsepsi adalah melalui konflik kognitif. Kenyamanan dan  keyakinan siswa terhadap suatu konsep yang tidak sesuai dengan konsepsi para ahli diuji dengan diberikan banyak pertanyaan dan permasalahan kontekstual. Pendekatan yang digunakan untuk membombardir konsepsi siswa tersebut bisa dengan NIHILASI.

Pengertian nihilasi itu sendiri adalah suatu pendekatan dengan mengandaikan konsep yang dimaksud dalam pembelajaran dihilangkan dari  fenomena keseharian. Misalnya ketika seorang guru sedang membelajarkan siswa mengenai gravitasi, siswa mengalami miskonsepsi pada konsep gravitasi. Maka untuk mereduksinya bisa digunakan pendekatan konflik kognitif dengan mengajukan pertanyaan seandainya gravitasi tidak ada di di bumi yang kita diami.
Siswa sebelumnya sudah memiliki konstruksi konsep mengenai gravitasi berdasarkan pengalaman sehari hari atau bahkan penjelasan dari guru dan buku. Dengan mengajukan pertanyaan melalui  pendekatan Nihilasi, guru dapat mengidentifikasi konstruksi konsep pada benak siswa atau mereduksi miskonsepsi yang sudah ada pada pikiran siswa. Beberapa jawaban yang mungkin timbul dari pertanyaan nihilasi gravitasi adalah
1. Semua benda tidak akan berpijak pada muka bumi, benda melayang-layang
2. Berat tubuh menjadi ringan
3. Tidak ada bedanya antara tanjakan dan turunan
4. Hemat energi
dan sebagainya
Masing-masing jawaban siswa mencerminkan konstruksi konsep yang dimilikinya, jika di curigai terdapatnya miskonsepsi maka guru dapat melanjutkan dengan konflik kognitif terkait jawaban yang diberikan siswa sampai dia yakin bahwa jawaban yang diberikanya tidak menyalahi kaidah yang sebenarnya.
Poskan Komentar