HIBAH PENELITIAN UNTUK GURU/KS/PWS/WI

Penawaran Research Grants SEAMEO QITEP In Science 2015
Pengembangan Model Diklat IPA
Melalui  Penelitian Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri


A.  Pendahuluan
Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Science adalah salah satu lembaga pendidikan dan pelatihan
yang bertanggung jawab untuk melaksanakan pendidikan dan pelatihan bagi guru-guru IPA (sains). Usaha-usaha peningkatan kualitas manajemen, sistem, materi dan evaluasi diklat yang dilakukan oleh SEAMEO QITEP in Science tentunya akan berdampak langsung terhadap usaha pemberdayaan dan peningkatan kompetensi guru.  Kualitas pendidikan dan pelatihan dapat ditingkatkan dengan mengembangkan berbagai model yang telah diuji berdasarkan penelitian.  Oleh karena itu, melaksanakan penelitian dan pengembangan telah tertuang juga dalam misi dan tujuan didirikannya SEAMEO QITEP in Science.

Berdasarkan amanat dalam Governing Board Meeting (GBM) ke-3 pada tahun 2012, QITEP in Science direkomendasikan untuk mulai dapat mengembangkan penelitian. Rekomendasi ini dikuatkan lagi dengan dorongan para Governing Board (GB) Members pada GBM ke-4 tahun 2013, agar QITEP in Science dapat memulai kegiatan penelitiannya pada tahun 2014. Sesuai dengan fokus utama institusi yang diajukan dalam 2nd FYDP 2015/2019, penelitian yang akan dikembangkan oleh QITEP in Science adalah yang berkaitan dengan implementasi pembelajaran sains berbasis inkuiri.

Melalui pendanaan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) tahun 2015, QITEP in Science mengundang kalangan pendidik dan tenaga kependidikan (guru, kepala sekolah, pengawas dan widyaiswara) untuk ikut serta melakukan penelitian yang berkaitan dengan penerapan pembelajaran sains berbasis inkuiri bagi para pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kualitas kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan IPA.

B. Tujuan
Tujuan dari pengembangan model diklat IPA oleh SEAMEO QITEP in Science adalah
1.    mensosialisasikan dan meningkatkan pemahaman mengenai pembelajaran inkuiri, sesuai dengan tugas SEAMEO QITEP in Science dalam meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan IPA;
2.    menjamin pengembangan penelitian unggulan, terutama yang spesifik mengenai penerapan pembelajaran sains berbasis inkuiri;
3.    mencapai peningkatan mutu pendidikan dan pelatihan sesuai dengan kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan IPA di negara-negara anggota SEAMEO, berdasarkan rekomendasi hasil penelitian;
4.    melakukan diseminasi hasil penelitian antara lain dalam bentuk presentasi model diklat-diklat berbasis inkuiri melalui berbagai forum dan media;
5.    menghasilkan model pembelajaran atau supervisi IPA berbasis inkuiri yang dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran sains di dalam kelas.

C.  Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan Pengembangan Model Diklat IPA dalam bentuk kegiatan penelitian adalah para pendidik dan tenaga kependidikan IPA Indonesia yang menjadi peneliti dan subyek penelitian.

D.  Deskripsi Kegiatan
Kegiatan Penelitian Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri ini merupakan kegiatan penelitian yang akan dilaksanakan di negara-negara Asia Tenggara. Bentuk penelitian yang akan diseleksi untuk didanai adalah penelitian langsung pembelajaran IPA berbasis inkuiri. Peserta diberi kesempatan untuk mengajukan proposal penelitian pengembangan pembelajaran sains berbasis inkuiri.  SEAMEO QITEP in Science kemudian akan membentuk tim penilai yang melakukan seleksi dan memilih 12 (dua  belas) proposal yang mendapatkan dana penelitian dari SEAMEO QITEP in Science sebesar Rp.15.000.000,- (lima belas juta rupiah). Komponen-komponen yang tercakup dalam dana penelitian adalah:
1.       Honorarium pelaksana penelitian (maksimal 30%)
2.       Biaya operasional penelitian, termasuk biaya diseminasi dalam forum ilmiah (minimal 70%)
Penelitian juga dimungkinkan untuk mendapatkan tambahan dana dari pihak lain, dengan syarat SEAMEO QITEP in Science tetap dicantumkan sebagai kontributor dana penelitian.

Kriteria untuk mengikuti seleksi mendapatkan dana penelitian SEAMEO QITEP in Science adalah:
1.    Pengusul (tim atau perseorangan) adalah dari kalangan pendidik dan atau tenaga kependidikan (guru/kepala sekolah/pengawas/widyaiswara)
2.    Tema dari penelitian yang diusulkan adalah tentang peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan IPA dalam penerapan pembelajaran IPA berbasis inkuiri. Topik-topik penelitian yang dapat dipilih adalah sebagai berikut:
-       Supervisi pembelajaran IPA berbasis inkuiri di kelas.
-       Pembelajaran Ilmu Bumi dan Antariksa berbasis inkuiri.
-       Pengelolaan laboratorium untuk menunjang pembelajaran IPA berbasis inkuiri.
-       Pendidikan lingkungan hidup berbasis inkuiri.
-       Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran IPA berbasis inkuiri.
-       Dampak penerapan pembelajaran inkuiri pada siswa
3.    Durasi penelitian tidak lebih dari 8 (delapan) bulan, terhitung sejak dimulai pada bulan April 2015 hingga pelaporan hasil penelitian pada bulan November 2015.
4.    Menyerahkan proposal penelitian pada tim penyeleksi SEAMEO QITEP in Science paling lambat tanggal 17 April 2015 ke alamat e-mail: rdcb@qitepscience.org dan partnership.qis@gmail.com.
5.    Proposal berisi penjelasan tentang kegiatan yang diusulkan dengan jumlah halaman maksimal 5 halaman ukuran A4 (tidak termasuk halaman sampul, halaman pengesahan, dan lampiran), diketik dengan huruf Times New Roman 12, spasi 1.5, margin normal.
Sistematika proposal adalah sebagai berikut:
a.    HALAMAN SAMPUL
b.    BIODATA PENGUSUL
c.     DAFTAR ISI
d.    PENDAHULUAN
e.    METODOLOGI DAN SISTEMATIKA PELAKSANAAN
f.     HASIL YANG DIHARAPKAN, RENCANA ALUR WAKTU PENELITIAN DAN PENGANGGARAN BIAYA
g.    LAMPIRAN PENDUKUNG (termasuk DAFTAR PUSTAKA)
6.         Laporan penelitian memuat lampiran berupa tulisan singkat berbentuk makalah tentang hasil penelitiannya, diserahkan dalam bentuk cetak (hard copy) dan file (soft copy) pada pihak SEAMEO QITEP in Science.
7.         SEAMEO QITEP in Science berhak untuk memiliki dan mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang terpilih untuk didanai.


JADWAL PENELITIAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI
SEAMEO QITEP IN SCIENCE 2015

No
Kegiatan
Januari
Februari
Maret
April sd Oktober
November
Desember
1.
Penawaran dana penelitian pada para guru/kepala sekolah/pengawas/widyaiswara






2.
Seleksi proposal






3.
Pengumuman proposal terpilih






4.
Pelaksanaan penelitian






5.
Kompilasi dan review laporan hasil penelitian oleh SEAMEO QITEP in Science






6.
Penyusunan proceeding penelitian oleh SEAMEO QITEP in Science






7.
Laporan pelaksanaan program penelitian







Posting Komentar