Supervisi ke Bojong Gambir

Pagi hari udara masih sangat segar, jam di dinding menunjukan waktu 06.00 dan saat itu saya bergegas berangkat untuk memenuhi janji dengan rekan seprofesi. Dengan membaca Bismillah smoga perjalanan dirahmati oleh Allah SWT, perjalanan dimulai. Tidak jauh dari rumah ada seorang anak tetangga yang berjalan menuju SMP N 2 Singaparna, saya pikir kasihan tidak lama lagi hujan akan segera turun. Maka sepeda motor di kepinggirkan dan mengajak anak tersebut ikut bersama karena satu arah. Setelah sampai di sekolahnya, dan mampir sebentar melihat-lihat sekolah yang belum saya kenal sebelumnya itu langsung tancap gas menuju ke Kecamatan Taraju. Suatu tempat pada arah jam 10 dari pusat Kabupaten Tasikmalaya, Singaparna . Sepanjang jalan masih diselimuti kabut dan jalanan agak basar karena kemarin sore hujan cukup deras rupanya.  Perjalanan ditempuh dengan nyaman karena aspal hotmix membalut jalan sampai tanjakan Tajur. Namun setelahnya jalan rusak berlobang dan susah mendapatkan tempat yg nyaman untuk menggelindingkan roda sepeda motor. 
Sesapainya di Taraju waktu di hp menunjukan jam delapan kurang seperempat, namun kabut masih cukup tebal dan banyak anak anak SMP dan SMA yang berangkat ke sekolah menggunakan sepeda motor. Beberapa meraung raungkan bunyi kendaraanya, tanpa menggunakan helm atau jaket agar terlindung dari terpaan angin dingin menusuk. 
Menunggu sekitar setengah jam di depan Polsek Taraju sambil duduk-duduk di depan warung kelontongan akhirnya teman datang dengan menggunakan sepeda motor bersepatu boat dan bercelana jas hujan. 
Setelah berbicang sebentar dia berjalan menyebrang dan mendekati seseorang yang kelihatan terpelajar dan perlente begitu orang dahulu mengatakan kepada seseorang yang berpenampilan rapih. Beberapa saat kemudian mereka mendekati, ooo....rupanya beliau kepala sekolah SMP N I Bojonggambir yang akan dituju.
Perjalanan berboncengan dengan Pak Dedi, Kepela sekolah yang namanya dikenal dalam perjalanan cukup menyenangkan, beliau orangnya mudah akrab dan enak diajak berbicara.
Namun karena jalanan tidak begitu bagus sehingga terasa cukup lama mencapai sekolah. Jalan-jalan yang asalnya berlobang ditimbun tanah merah, sehingga karena kemarin turun hujan menjadi licin dan kotor. Dalam suatu belokan hampir saja tergelincir, namunkarena tenang alhamdulillah bisa teratasi.
Sesampainya disekolah langsung menuju ruang kepala sekolah dan sebelumnya bersalaman dengan teman teman  staf tata usaha.
Pembicaraan lama sekali namun inti persoalan belum bisa didapatkan, hanya berkisar tentang medan dan kondisi jalan raya  menuju sekolah sekolah yang biasa di kunjungi teman saya itu. Setelah hampir satu setengah jam baru pembicaraan mengarah kepada program kerja peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan. Lalu disepakati sekarang pada waktu istirahat akan bertemu dengan rekan-rekan guru untuk bersilaturahim dan setelah pelajaran usai akan diadakan pertemuan untuk membicarakan IHT.
Setelah bel berdering akhirnya pertemuan dengan guru-guru dilaksanakan dan saya diperkenalkan kepada rekan-rekan guru. Setelah diberi kesempatan berbicara beberapa saat. Akhirnya saya da teman melanjutkan perjalanan ke SMK Al Mukrom. Hanya sebentar disana, kemudian makan siang di rumah makan diatas kolam bakar ikan.
Waktu menunjukan jam 13.30 dan kami menuju ke SMP yang tadi dan membicarakan menganai IHT yang akan dilaksanakan.
Setelah selesai membicarakan mengenai penjadwalan IHT beserta materinya akhirnya kami pulang, berselimutkan kabut tebal dan rintik hujan disore hari.
Senin pada minggu selanjutnya, seharusnya saya kebagian mengisi materi Pengenalan Komputer di SMP tersebut, namun karena pada pagi hari sampai siang ada diskusi beserta seluruh rekan pengawas termasuk pengawas SD beserta Kepala Dinas, dan kondisi tubuh sangat tdak fit untuk melakukan perjalanan yg cukup jauh dengan medan yg berat. Dengan terpaksa akhirnya jadwal untuk memberikan materi Pengenalan Komputer dibatalkan melalui telepon kepada Pak Dedi Kepala Sekolah SMP N I Bojong Gambir.....semoga beliau tidak menghilangkan kepercayaanya.........
Poskan Komentar